Model Proses Crystal


Rekayasa Perangkat Lunak: Model Proses Crystal
Pengembangan Implementasi Perangkat Lunak Crystal Metode Kristal Metode Keluarga Kristal Terima Kasih Penjelasan 7 sifat Keluarga Kristal 4. Keselamatan Pribadi Ini harus dilakukan dengan masalah berbicara bebas dalam sekelompok orang. Jika seseorang diejek setiap kali mereka mengajukan pertanyaan, menyarankan ide, dan lain-lain maka mereka akan cenderung untuk tidak berbicara pada waktu berikutnya. Orang-orang dalam tim harus mampu saling percaya dan merasa bebas untuk berbicara tentang isu-isu atau apa pun yang muncul. Salah satu karakteristik dari Crystal adalah skala yang disengaja untuk proyek-proyek berdasarkan ukuran dan kekritisan. Proyek yang lebih besar (dari kiri ke kanan) akan semakin gelap warnanya. 7 sifat umum Keluarga Crystal :
1. Pengiriman yang sering
2. Perbaikan reflektif
3. Komunikasi tertutup atau osmotik
4. Keselamatan pribadi
5. Fokus
6. Akses mudah ke pengguna yang ahli
7. Teknis lingkungan dengan tes otomatis, manajemen konfigurasi, dan integrasi yang sering

    Menurut Cockburn ketujuh sifat tersebut jika semakin banyak terdapat dalam sebuah proyek akan semakin besar kemungkinan proyek tersebut berhasil :
1. Crystal Clear
2. Crystal Yellow
3. Crystal Orange
4. Crystal Orange Web
5. Crystal Red
6. Crystal Maroon
7. Crystal Diamond
8. Crystal Saphire

Metode Kristal Dari poin-poin di atas itulah mengapa metode Kristal begitu fleksibel dan mengapa mereka menghindari proses yang ketat dan kaku yang biasanya ditemukan dalam metodologi yang lebih tua Perilaku orang dalam Tim menurut Cockburn :
1. Berkomunikasi (berbicara secara face to face dan real time)
2. Kesulitan dalam bertindak secara konsisten dari waktu ke waktu
3. Bervariasi (berpindah pindah dari tempat ke tempat waktu ke waktu)
4. Inisiatif serta ingin melakukan “apa yang diperlukan”

Metode Kristal adalah sebuah keluarga metodologi (keluarga kristal) yang dikembangkan oleh Alistair Cockburn pada pertengahan 1990-an. Keluarga Crystal adalah cara Cockburn untuk katalogisasi apa saja yang mereka lakukan yang membuat proyek sukses.

Artikel Menarik Lainya :  Download IDM 6.25 Build 2 Latest Final Full Version Fixed Terbaru 2015

    Metode kristal dianggap sebagai “metodologi ringan”. Penggunaan kata Crystal berasal dari batu permata. Dalam hal perangkat lunak, tampilan merupakan sebuah pandangan yang berbeda pada inti yang mendasari prinsip dan nilai-nilai. Tampilan adalah representasi dari teknik, alat, standar, dan peran.

Metodologi keluarga Kristal sangat toleran karena tim dapat melakukan tugas-tugas yang sama dengan cara yang berbeda. Ini yang membuat metodologi keluarga Kristal menjadi satu dari metode agile yang termudah untuk diterapkan. Metode dalam kristal difokuskan pada :
1. Orang – orang
2. Interaksi
3. Masyarakat
4. Ketrampilan
5. Bakat
6. Komunikasi
Metodologi Keluarga Crystal menggunakan warna yang berbeda untuk menunjukkan “berat” untuk menentukan metodologi yang digunakan. Jika proyek tersebut merupakan proyek kecil, maka metodologi seperti Crystal Clear, Crystal Orange atau Crystal Kuning dapat digunakan. Atau jika proyek tersebut merupakan sebuah misi yang kritis dimana dapat membahayakan kehidupan manusia, maka metode Crystal Diamond atau Crystal Sapphire akan digunakan. Metode Keluarga Kristal dibagi menjadi beberapa warna :

  • Pengiriman yang sering
        Pengiriman yang sering adalah iterasi perilisan reguler dari program perangkat lunak.Dengan metode Crystal, iterasi akan dirilis tiap minggu hingga tiap tiga bulan, waktu perilisan tergantung pada panjangnya proyek.
    Dengan merilis iterasi, stakeholder dapat lebih dulu menemukan masalah dalam proyek yang kemudian akan menghemat banyak kerumitan di kemudian hari. Poin yang lain adalah apabila pengguna akhir memutuskan bahwa proyek tersebut tidak berjalan sesuai dengan cara-cara yang mereka inginkan dalam menyelesaikan proyek tersebut, maka ada langkah yang bisa diambil untuk menyelesaikan masalah tersebut sebelum terlambat.
  • Pengingkatan Reflektif
        Dengan metode Crystal, gagasan agar tim mengadakan workshop setiap beberapa minggu sangat dianjurkan. Workshop ini membantu menemukan proses yang tidak bekerja dengan baik dan membantu tim untuk memodifikasi proses sehingga sebuah strategi dapat dikembangkan dan bekerja dengan baik untuk tim
  • Komunikasi tertutup atau osomotik
        Komunikasi osmotik melibatkan seluruh anggota tim untuk bersama-sama dalam sebuah ruangan dimana informasi akan menyebar secara merata di sekitarnya.. Dengan mendengarkan orang lain dalam tim, pengmbang dapat menangkap apa yang orang lain lakukan, mendapatkan pengalaman dan mengembangkan ide-ide baru. Pengembang yang bekerja dekat satu sama lain dapat membantu masalah yang dihadapi oleh satu sama lain.
  • Fokus
        Fokus dalam metode kristal mengacu pada dua hal, pertama berfokus pada tugas individu dalam sebuah proyek untuk waktu yang cukup dimana kemajuan akan dibuat. Dan kedua, mengacu pada arah dimana proyek adalah tujuan utama
  • Akses Mudah ke Pengguna yang Ahli
        Ini melibatkan para pengembang yang bekerja dengan seseorang yang ahli mengenai proyek tersebut sehingga ahli bisa menjawab pertanyaan, menyarankan solusi untuk masalah, dll. Pengguna ahli harus menjadi pengguna aktual atau nyata dan bukan hanya tester dari pembangunan tim. Semakin melibatkan pengguna ahli maka akan semakin baik.
  • Teknis lingkungan dengan tes otomatis, manajemen konfigurasi, dan integrasi

    Yang sering Ide di balik ini adalah bahwa harus ada integrasi berkesinambungan dan pengujian sehingga jika ada perubahan yang dibuat, maka kesalahan dan lain-lain dapat terlihat. Karena hal ini dilakukan secara teratur, maka masalah cenderung tidak tumbuh karena mereka dapat diselesaikan lebih awal dalam proyek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *